English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF
Home » » Irama Melodi Dalam Seni Musik

Irama Melodi Dalam Seni Musik

Written By Muhamad Soleh on Senin, 29 November 2010 | 00.36

irama dan melodi dalam musik? Apakah yang dimaksud dengan irama dan melodi dalam musik? Apakah termasuk salah satu unsur musik? Bagaimana hubungan keduanya dalam musik ? apakah berdiri sendiri? Ataukah saling berpadu dalam sebuah music? Bagaimana irama dan melodi dalam musik? Nah mari kita belajar bersama.

A. IRAMA

Irama tak pernah dapat dilepaskan dalam musik. Ibarat dalam sebuah sayur. Irama adalah garamnya. Music tanpa irama akan hambar rasanya seperti sayur tanpa garam. Irama meruapakan gerk music yang berjalan teratur yang tidak tampak dalam lagu tetapi dapat dirasakan setelah lagu itu dialunkan. Irama merupakan unsure dasar dalam sebuah music.

Nah, menurut Jamalus (1989)irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar musik dan tari. Beliau mengatakannya sebgai rangkaian gerak. Jadi, tentu irama pun bukan hanya dalam seni musik saja namun karena di dalamnya terdapat gerakan –gerakan jadi termasuk juga dalam seni tari. Seperti juga dalam M.Soeharto (1986)menyatakan bahwa irama itu sebagai gerak yang teratur, di mana irama selalu mengkuti jalan melodi irama tanpa adanya melodi pada tingkat yang rendah. Irama bergerak sesuai dengan keajegan gerak, ketetapan gerak.

B. MELODI

Kita mengenal melodi dalam sebuah musik. Lalu apa sebenarnya melodi dalam sebuah lagu itu?

Melodi dapat diartikan sebagai susunan rangkaian nada (bunyi dengan getaran teratur) yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan. Kita juga dapat mengartikan melodi sebagai rangkaian tiga nada atau lebih dalam music yang terdengar berurutan secara logis serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan.

Melodi dalam sebuah lagu selalu menjadi hal yang diperhatikan. Hal ini terjadi karena orang yang bernyanyi atau bersenandung senantiasa menghasilkan melodi. Seperti kita ketahui dalam pengembangan estetis music dilakukan secara bertahap maka unsure musik ini juga demikian. Dari melodi kemudian tingkat pengembangannya menjadi irama menjadi tekanan dan selanjutnya menjadi harmoni. Semua unsure tersebut tak pernah dapat dipisahkan. Semuanya berurutan dan tak dapat melompat-lompat.

Melodi merupakan unsur kedua setelah irama. Namun melodi menjadi yang pertama jika dalam menyajikan music berawal dari senandung . seperti Melly Goeslow dalam mencipta lagu awalnya dia memulainya dengan bersenandung. Kemudian barulah ia dibantu suaminya, Anto Hud melengkapi dengan irama dan harmoni. Dan kita mengetahuinya bhwa dari senandung tersebut berkembang menjadi sebuah lagu yang indah untuk dinikmati pendengar. Tak heran lagu-lagu Melly Goeslow merajai soundtrack film-film. Bahkan dijuluki special pencipta lagu soundtrack. Padahal semuanya itu berawal dari senandung melodi yang dilantunkannya. Jadi benar kan dalam lagu, melodi dapat menjadi unsure yang pertama sebelum irama jika lagu yang diciptakan berwal dari senandung atau coba-coba.

Setelah memnbuat melodi yaitu perangkaian bunyi nada menjadi suatu rangkaian yang mewakili ide music , selanjutnya akan menjadi sajian yang mantap dan teratur jika dilengkapi unsure irama.

Dalam membuat suatu karya music bermacam-macam bentuknya ada yang membuat irama dahulu kemudian baru melodi ada yang membuat melodi dahulu baru membuat pola irama. Namun ada juga yang membuat kombinasi dari keseluruhan unsure music seperti irama, melodi, dan harmoni. Unsure dasarnya hanya irama dan melodi. Harmoni sebagai pelengkap dalam sebuah music. Jadi, tanpa harmoni, sebuah lagu pun dapat disajikan jika memenuhi unsure irama dan melodi.

Nah, seperti itulah irama dan melodi dalam sebuah lagu keduanya saling berpadu membentuk lagu. Keduanya merupakan unsure pokok atau yang dasar.

Melodi dan irama berpadu, saling melengakapi. Namun dalam pemaduannya dapat dibolak- balik dapat irama dahulu baru melodi atau dapat melodi dulu baru irama lagu jika kita dalam mencipta lagu berdasarkan coba-coba.

Setelah sebuah lagu tercipta , telah mengandung unsure irama dan melodi lagu dapat menambah unsure harmoni. Sebagai unsure tersier dari sebuah lagu. Unsure harmoni membuat lagu terdengar harmonis.


http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/06/%E2%80%9C-irama-dan-melodi-dalam-seni-musik%E2%80%9D/

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Dunia Seni Musik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger